Tipologi Arsitektur Asakusa Culture Information Center

Tipologi dalam arsitektur adalah klasifikasi dalam arsitektur berdasar buang- bentuk, fungsi, dan langgam. Dalam ranah desain, tipe terbentuk secara alami sebagai kesepakatan bersama oleh warga atau komunitas, seringkali tidak diketahui lagi asal- usulnya.


 Asakusa Cultural Tourist Information Center adalah  bangunan yang terletak pada lahan seluas 326 meter persegi di seberang Gerbang Kaminari-mon, ACTIC adalah bangunan multifungsi yang menaungi pusat informasi turis, ruang konferensi, ruang sebaguna, dan ruang pameran. Desain yang diajukan oleh Kengo Kuma & Associates adalah sebuah pusat informasi turis yang terlihat seperti rumah-rumah tradisional dengan atap miring yang menumpuk ke atas, masing-masing ‘rumah’ merepresentasikan 1 lantai.
Bentukan yang membaurkan struktur dan fasad digaris bawahi dengan penggunaan material yang khas untuk memperbesar dampak visual bangunan terhadap lingkungan urban di sekitarnya. Fasad bangunan didominasi oleh material kayu, merujuk pada bangunan tradisional Jepang yang digubah secara kontemporer. Interiornya merepresentasikan esensi estetika ala Jepang, namun keseluruhan ‘tumpukan’ bangunan, dikosongkan isinya, dan diisi lagi dengan program ruang yang dibutuhkan, adalah wujud gubahan secara kontemporer lainnya oleh sang arsitek.
Dalam hal ini maka akan membahas tentang tipologi bangunan ACTIC berdasarkan Material Bahan. 

Konstruksi bangunan ACTUC nya pada dasarnya adalah campuran baja, kayu dan kacaShading vertikal dari kayu mahoni turut membentuk fasad keempat sisi bangunan, dengan jarak antar shading yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan bayang-bayang dan kebutuhan privasi interiornya. Lama cedar menaungi masing-masing dari empat dinding tanaman tirai berlapis ganda, berjarak berbeda, tergantung pada naungan atau privasi yang dibutuhkan oleh kamar interior. Permukaan bagian dalam bangunan juga dilapisi dengan berbagai kayu, bergelombang, horisontal di dinding timur lantai dua, menyembunyikan laci, atau papan kayu ek di tanah.Di setiap atap miring yang mencakup berbagai tingkat pelat baja digunakan.
  • KAYU MAHONI


sumber : google 
Kayu mahoni untuk sudah lama dipakai sebagai bahan baku utama furniture untuk dipakai model furniture klasik. Kayu mahoni tergolong salah satu kayu yang mahal dan mewah. Bangsa Eropa dan Amerika mengenal kayu jati sebagai kayu kuat dan kayu tanggu karena nya sangat cocok untuk dipakai di luar ruangan seperti bangunan ACTIC.
  • KACA TEMPERD
sumber : google 

Kaca tempered adalah merupakan kaca yang diperkeras dengan cara memanaskan suhu/temperature sekitar 700*C, kemudian setelah kaca tersebut dipanaskan, proses selanjutnya adalah didinginkan secara mendadak, dengan cara menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Nah, dari proses ini maka terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tapi secara visual tidak terjadi perubahan. ACTIC sangat tepat memakai kaca temperd untuk segi visual maupun fungsional

  • BAJA
sumber : google 

Baja adalah bahan dasar yang vital untuk industri. Di Semua segmen kehidupan, mulai dari peralatan dapur, transportasi, generator pembangkit listrik, sampai kerangka gedung dan jembatan menggunakan baja. baja menduduki peringkat pertama diantara barang tambang logam dan produknya melingkupi hamper 90% dari barang berbahan logam. karenanya tidak heran baja sering dipakai untuk konstruksi bangunan terutama adalah bangunan ACTIC

kesimpulannya adalah ACTIC adalah bangunan unik dengan konsep modern tradisional yang dirancang oleh Kengo Kuma dengan menggunakan bahan-bahan material yang aman dan tepat dari tipologi segi fungsional dan visual
  • Bahan:
o   Fasad                    : Dinding tirai kaca kaca ganda, Louver kayu mahoni
o   Atap                     : lembaran baja Galvalume


Komentar

Postingan Populer