ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU MKDU



Disusun Oleh :

Nama              :       Inggrid Silvia
NPM               :       23316528
Kelas              :       1TB04
Mata Kuliah  :       Ilmu Budaya Dasar

TEKNIK ARSITEKTUR
UNIVERSITAS GUNADARMA

PTA 2016 / 2017


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
      Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu mata kuliah dasar umum (MKDU) yang adalah mata kuliah wajin untuk perguruan tinggi. Secara khusus Ilmu budaya dasar bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang berkualitas sebagai berikut :

  • Berjiwa Pancasila
  • Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Memiliki wawasan komprehensif
  • Memiliki wawasan budaya yang luas
  • Memiliki rasa tenggang terhadap sesama

1.2 Rumusan Masalah
  •    Apakah pengertian IBD?
  •    Apakah tujuan dari IBD?
  •    Bagaimanakah ruang lingkup IBD?
1.3 Tujuan
  • Mengetahui apa arti dari ilmu budaya dasar dan mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Memperluas tujuan dan pandangan mahasiswa agar bisa mencari solusi dari sisi kebudayaan dan kemanusiaan
  • Memahami apa saja ruang lingkup ilmu budaya dasar agar dapat berkomunikasi dan menjadi calon pemimpin 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU
  
A.   Pengertian Ilmu Budaya Dasar (IBD)
       Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah mata kuliah yang membahas tentang nilai-nilai, kebudayaan, berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupannya sehari-sehari. Harapang mata kuliah ini dapat membuat mahasiswa dapat  mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan. Adanya kesamaan  ini diharapkan agar interalisi  antara intelektuil kita lebih sering dengan akibat positif bagi  pembangunan negara kita pada umumnya dan perbaikan pendidikan pada khususnya. Diharapkan mata kuliah ini dapat menjadi semacam “Lingua franca” bagi para akademisi dari berbagai lapangan ilmiah, dengan  memiliki suatu bekal yang sama ini diharapkan agar para akademisi  dapat lebih lancar komunikasi ini selanjutnya kan memperlancar pula  pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani selanjutnya akan ditangani oleh para  cendekiawan dari berbagai lapangan keahlian itu.

Untuk mengetahui bahwa IBD termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu: 

  • Ilmu-ilmu Alamiah (Naturan Scince), Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode Ilmiah. Caranya dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah. 
  • Ilmu-ilmu Sosial (Sosial scince), ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. 
  • Pengetahuan Budaya (The Humanities), bertujuan untuk memahami dan mencaria rti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian seni dan filsafat. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.



  B.   Tujuan IBD
              Adanya mata kuliah Ilmu Budaya Dasar  merupakan usaha untuk dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan hal tersebut tujuan Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya, akan tetapi sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikal terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain, alam maupun dirinya sendiri.

Untuk bisa menjangkau tujuan Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
  • Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
  • Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  • Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas, kedaerahan dan pengkotan disiplin yang kuat.
  • Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademis diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
  C.   Ruang Lingkup IBD
      Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar didasari dari tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai untuk bahan pertimbangan menentukan ruang lingkup kajian ilmu budaya dasar. Kedua masalah pokok itu adalah sebagai :
  • Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
  • Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Memilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.

Materi ilmu sosial dasar terdiri atas masalah-masalah sosial untuk dapat menelaah masalah-masalah, sosial hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu:
  • Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  • Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan -kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang  sangat diperlukan untuk mempelajari
  • masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
  • Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam
  • berbagai kenyataan-kenyataan sosial antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

BAB III
PENUTUP

  3.1 Kesimpulan

Kesimpulan dapat dihasilkan pembahasan tentang  Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU, adalah sebagai berikut :
  • Mahasiswa dapat mengetahui dan memilah-milah nilai dalam kebudayaan yang baik maupun yang buruk.
  • Mahasiswa memahami dan memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang akan mereka hadapi di kemudian hari.
  • Mahasiswa dapat mengerti arti sosialisasi dalam ISD dan faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan untuk mendukung sosialisasi tersebut.

sumber : 
http://diankusumawatit7.blogspot.co.id/2015/03/ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah-satu.html
http://prasetyaha.blogspot.co.id/2012/03/ibd-sebagai-salah-satu-mkdu.html

Komentar

Postingan Populer